I LOVE BIOLOGY


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Minggu, 17 Juni 2012

Manfaat belajar biologi

EH balik lagi nih,, setelah sebelumnya kita ngebahas tentang Tips dan Trik Belajar Biologi, kali ini kita akan ngebahas tentang manfaat mempelajari biologi. Biologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan. 


 Manfaat mempelajari biologi yaitu: 
1.Biologi menawarkan berbagai kesempatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan tentang dirimu sendiri dan benda hidup lainnya yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. 
Misalnya saja kita dapat mengetahui bagaimana proses pertumbuhan kita , bagaimana proses reproduksi,bagaimana proseskita bernapasdan masih banyak lagi. 

2.Biologi dapat membantumu untuk melihat dunia dan alam kehidupan ini sebagaimana yang dilakukan oleh para ilmuwan .
Misalnya nih ketika para ilmuwan menemukan suatu spesies yang baru dengan belajar biologi tanpa harus menjadi ilmuwan kita dapat melihat hal tersebut..

3.Biologi sebagai pengetahuan dasar untuk beberapa bidang dan profesi.misalnya:bidang pertanian,kesehatan,perkebunan,dll. 
a. P erkembangan bioteknologi dan biologi mokuler saat ini dengan ditemukannya beberapa teknik rekayasa genetika seperti teknik transfer nucleus, pemotongan dan penyambungan gen serta teknik penyisipan gen. teknik-teknik ini sudah diaplikasikan pada keperluan bidang peternakan, pertanian, dan kedokteran melalui cloning. 
b. Pada bidang pertanian, teknik rekayasa genetika yang bertujuan untuk menciptakan tanaman-tanaman dengan sifat unggul, dilanjutkan dengan teknik kultur jaringan, sehingga tanamana-tanaman jenis unggul tersebut dapat diperoleh dalam waktu singkat dengan jumlah yang banyak tanpa memerlukan lahan yang luas dan dalam kondisi yang steril. 
c. Pada bidang peternakan, teknik rekayasa genetika dilanjutkan dengan yeknik fertilisasi in vitro atau teknik superovulasi dan kemudian teknik inseminasi buatan dengan tujuan diperoleh dengan cepat ternak jenis unggul dalam jumlah yang banyak. 
d. Pada bidang periknana, pemanfaatan ilmu biollogi adalah sebagai landasan pengetahuan (basic science) dalam usaha pembudidayaan ikan-ikan ataupun hewan laut lainnya yang telah diketahui memiliki nilai gizi terbaik dan tinggi dan juga bernilai ekonomis. Selain itu biologi dapat juga dijadikan landasan pengetahuan dalam penelitian-penelitian yang lebih luas lingkupnya yakni pada lingkup ekosistem perairan laut dan pantai.
 e. Pada bidang kedokteran, teknik rekayasa genetika dilakukan untuk membantu pasangan suami istri yang sulit mendapat keturunan atau anak. Ataupun bagi pasangan yang ingin menentukan jenis kelamin bagi buah hati mereka.

4.Biologi akan membantumu untuk memahami dasar-dasar penyebab suatu penyakit.
 Misalnya saja ketika kita terkena penyakit tipus itu disebabkan adanya bakteri Salmonella thyposa.Hal itu dapat diketahui kita mempelajari tentang bakteri di biologi .

5.Biologi akan membuatmu lebih dekat tuhan .
Dengan mempelajari biologi kita melihat ciptaan tuhan yang begitu luar biasa ,hal ini membuat kita lebih banyak bersyukur dn kita akan selalu ingat tuhan.

 Dengan mempelajari biologi kita dapat mengetahui tentang,manusia,tumbuhan ,semua yang ada di muka bumi ini dan dengan begitu kita bisa menjaga keseimbangan alam bukan dengan memahami bagaimana peran masing2 ciptaan tuhan di bumi dan ternyata  mempelajari biologi ini bukan hanya mengajari kita tentang kehiduypan dunia tapi membuat kita lebih banyak bersyukur dengan ciptaan tuhan.. 

1 komentar: